Tottenham Bungkam Manchester City 3-2 di Etihad

Tottenham Bungkam Manchester City 3-2 di Etihad

Prosatu.com Jakarta – Tottenham Hotspurs berhasil meraih kemenangan secara dramatis saat bertandang ke markas Manchester City dalam laga pekan ke-26 Liga Premier Inggris 2021-2022. Anak asuh Antonio Conte memenangkan pertandingan dengan skor 3-2 berkat drama injury time di Etihad Stadium, Minggu (20/2/2022) dini hari WIB.

Tottenham Hotspur sejatinya mampu unggul terlebih dahulu melalui gol cepat Dejan Kulusevski pada menit keempat. Akan tetapi, tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak oleh Ilkay Gundogan pada menit ke-33.

Tottenham sempat kembali memimpin 2-1 di babak kedua lewat Harry Kane, namun Man City mengimbanginya menjadi 2-2 di injury time lewat eksekusi penalti Mahrez. Laga yang seolah bakal berakhir imbang, secara mengejutkan mampu dimenangkan Tottenham dengan skor 3-2 lewat gol Harry Kane di menit 90+5.

Meski kalah, City masih memimpin klasemen dengan torehan 63 poin dari 25 pertandingan. Namun, City kini hanya unggul enam poin atas peringkat dua Liverpool. Liverpool pun masih punya tabungan satu pertandingan. Sementara itu, Tottenham sukses memutus streak tiga kekalahan beruntun di liga dan bertengger di posisi ketujuh dengan 36 poin.

Kedua tim menampilkan permainan terbuka sejak peluit pertama dibunyikan. Alhasil, Tottenham sudah memimpin 1-0 di menit keempat. Son Heung-min lepas dari posisi offside dan berhadapan satu lawan satu dengan Ederson Moraes.

Son tidak egois dalam posisi tersebut. Alih-alih melepaskan tembakan, dia malah memberikan assist ke Dejan Kulusevski, yang dengan mudah melesakkan gol.

Dikejutkan dengan gol cepat, Man City merespon pada menit kedelapan. Namun tandukan Phil Foden masih belum menemui sasaran. Tottenham cenderung bermain reaktif usai unggul. Sementara Man City terus mengurung Tottenham di area sendiri.

Pada menit 21, Man City melancarkan serangan berbahaya. Namun tembakan Ilkay Gundogan masih membentur tiang gawang. Dua menit berselang, Man City kembali mengancam. Namun tembakan Cancelo masih belum menemui sasaran.

Solidnya pertahanan Tottenham memaksa Man City memainkan umpan-umpan panjang. Aliran bola Man City ke kotak penalti Tottenham pun terus berhasil dipotong.

Pada menit 33, skema bola panjang Man City membuahkan hasil. Raheem Sterling mengirim umpan panjang dari jarak jauh, Hugo Lloris pun gagal mengantisipasi umpan tersebut dengan sempurna. Ilkay Gundogan yang berada di posisi yang tepat pun menyambar bola. Skor pun berubah imbang menjadi 1-1.

Pada menit 37, Joao Cancelo kembali melepaskan tembakan jarak jauh. Namun melebar tipis di sisi kiri gawang Tottenham. Man City terus mengurung Tottenham. Namun tidak ada gol tambahan hingga paruh pertama berakhir. Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Pasukan Josep Guardiola pun berusaha mengambil inisiatif serangan di babak kedua. Namun, justru Tottenham yang bisa mencetak gol kedua dan mengambalikan keunggulan mereka.

Gol kedua Tottenham dicetak oleh Kane. Gol ini berawal dari crossing Son Heung-Min di sisi kiri, yang dituntaskan Kane dengan finishing jarak dekat. Ederson tak kuasa menghentikannya.

Kane bahkan kembali membobol gawang City di menit 74, tapi gol itu dianulir. Dari pengecekan VAR, Kulusevski sudah terlebih dahulu berada dalam posisi offside.

Memasuki sepuluh menit terakhir, City meningkatkan intensitas serangan mereka. Tottenham dipaksa bertahan di wilayahnya. Upaya City akhirnya membuahkan hasil di pengujung laga.

Tembakan Bernardo Silva mengenai tangan Cristiano Romero di dalam kotak. Wasit melihat VAR, kemudian menghadiahkan penalti kepada City. Mahrez, yang sebelumnya masuk menggantikan Sterling di menit 68, sukses mengkonversinya untuk menyamakan skor jadi 2-2.

Namun, pertandingan belum berakhir. Hanya beberapa menit berselang, dari crossing Kulusevksi, Kane menyarangkan bola ke gawang City dengan tandukan tajamnya. Tottenham pun menang 3-2 di markas sang juara bertahan.

Kendati demikian, Man City masih kokoh di puncak klasemen sementara, terpaut jarak enam poin dari Liverpool yang menghuni peringkat kedua. Sementara Tottenham masih menghuni peringkat ketujuh.

Susunan Pemain:

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Dias, Laporte, Cancelo; De Bruyne, Rodri, Gundogan; Bernardo Silva, Foden, Sterling (Mahrez 68).

Pelatih: Josep Guardiola.

Tottenham (3-4-3): Lloris (kuning 80); Romero (kuning 76), Dier, Davies; Emerson Royal (Doherty 83), Bentancur, Hojbjerg (kuning 64), Sessegnon (Davies 90+3); Kulusevski, Son Heung-min (Lucas Moura 80), Kane.

Pelatih: Antonio Conte.