Semua Fraksi Dukung Pembangunan Gedung Baru

Semua Fraksi Dukung Pembangunan Gedung Baru

imag1003

Prosatu.com Jakarta – Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Roem Kono menegaskan pada dasarnya semua fraksi di parlemen mendukung proyek pembangunan gedung baru.

“Pada dasarnya semua fraksi mendukung karena mereka yang menggunakannya, namun memang ada beberapa yang memberikan catatan,” katanya di Gedung Nusantara II, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Dia menjelaskan proses pembangunan gedung baru itu sudah lama, dan saat ini sudah memasuki program implementasi DPR menuju parlemen modern. Menurut dia hal itu sudah dibicarakan dan dikonsultasikan dengan Presiden namun membangun gedung tidak mudah.

“Saya kira ini prosesnya berjalan seperti biasa membangun gedung pemerintahan dan itu prosesnya sama,” ujarnya.

Dia mengatakan pembangunan gedung itu tidak harus tahun 2015 karena DPR memiliki rencana strategis hingga 2019 yang utuh baik dari aspek transparansi, keterbukaan dalam rangka pelayanan masyarakat. Dia menjelaskan BURT DPR RI, hanya pada tataran kebijakan yang sudah diambil melalui rencana strategis, pengawasan, dan dasar-dasar strategis ke depan.

“Terkait pembangunan dan kegiatan teknis merupakan domain kesekjenan DPR RI yang dijalankan sesuai peraturan perundang-undangan,” katanya.

Terkait anggaran, Roem enggan merinci karena masih direncanakan setjen dan dibicarakan dengan BURT DPR RI. Menurut dia, BURT DPR mengesahkan anggaran itu lalu diajukan ke Badan Anggaran DPR sehingga hingga saat ini belum disetujui dan kemungkinan disahkan pada masa sidang kelima.

“Pembangunannya tahun jamak, kalau kami mendapatkan anggaran Rp100-Rp200 miliar maka itu yang kami gunakan untuk pembangunan,” ujarnya.

Menurut politikus Partai Golkar itu, beberapa tahun kedepan belum direncanakan tahap pembangunan gedung baru karena masih dalam masa perencanaan. Dia mengatakan hal itu akan dibicarakan lebih lanjut dengan semua fraksi di DPR sehingga tidak ditentukan oleh BURT namun dibicarakan secara musyawarah mufakat. (ant/ps)