Real Madrid Juara Liga Champions 2021-2022

Real Madrid Juara Liga Champions 2021-2022

Prosatu.com Jakarta – Real Madrid berhak membawa pulang trofi Liga Champions Eropa ke-14 mereka usai menaklukkan Liverpool 1-0 pada laga final yang dihelat di Stade de France, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.

Gol semata wayang Vinicius Junior tepat sebelum laga memasuki waktu satu jam menjadi penentu kemenangan Los Blancos. Namun, apresiasi tertinggi harus diarahkan buat kiper mereka, Thibaut Courtois yang jatuh bangun menjaga kesucian gawang pasukan Ancelotti selama 90 menit penuh.

Sejak detik pertama, Liverpool langsung jalankan taktik gegenpressing sehingga membuat Real Madrid bertahan di area sendiri. Terlihat ketika bertahan, Real Madrid bermain dengan formasi 4-4-2 karena Federico Valverde turun memperkuat lini tengah.

Real Madrid bukannya tanpa peluang, mengandalkan long pass, mereka mencoba balas dengan serangan balik cepat. Liverpool sebenarnya sudah mampu mengurung Real Madrid, tapi serangan yang mereka lancarkan mentok semua dalam 15 menit pertama.

Hingga akhirnya peluang didapatkan Liverpool didapatkan Mohamed Salah dan Thiago Alcantara. Namun keduanya masih bisa dimentahkan oleh kiper Real Madrid, Thibaut Courtois.

Liverpool tampaknya benar-benar dibuat frustrasi oleh Courtois. Pasalnya, peluang emas Sadio Mane dengan tendangan kerasnya masih bisa ditepis dengan satu tangan oleh Courtois sebelum membentur tiang gawang.

Permainan bertahan dan menunggu dari Real Madrid membuat jalannya laga jadi berjalan satu arah, sehingga cenderung membosankan. Mendekati menit akhir, lewat sebuah umpan jarak jauh, Real Madrid berhasil mencetak gol melalui aksi Karim Benzema yang memanfaatkan miskomunikasi antara Alisson Becker, Fabinho dan Ibrahima Konate.

Namun setelah melewati pengecekan dari VAR, gol Benzema dianulir karena sudah dinyatakan offside. Setelah itu tak terjadi gol sehingga babak pertama berakhir 0-0, Liverpool benar-benar dibuat frustrasi oleh Thibaut Courtois. Sementara Real Madrid sukses besar karena dengan permainan bertahan mampu menahan Liverpool di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Real Madrid sempat berinisiatif menyerang tapi usahanya belum mampu merobohkan tembok kokoh Real Madrid. Selepas itu, Liverpool kembali mengambil alih jalannya laga.

Liverpool memang masih menyerang bertubi-tubi, bahkan mungkin semakin menyerang. Tetapi pressing mereka mulai mengendur, dan aliran bola ke depan mulai dirasakan Madrid. Pada menit ke-59, kebuntuan akhirnya pecah.

Berlari di sisi kanan, Valverde mengirimkan umpan silang mendatar yang membelah garis pertahanan Liverpool. Vinicius Junior, yang berhasil menyelinap di belakang Alexander-Arnold di tiang jauh, menyonteknya dengan mudah. 1-0 buat Madrid.

Tertinggal, Si Merah terus memompa serangan ke arah Si Putih, tapi lagi-lagi mentah di hadapan Courtois. Mantan kiper Chelsea itu menyelamatkan curling shot Salah — yang tampak bakal melesak ke gawang Madrid — dan lima menit kemudian memblok usaha penyerang Mesir itu dari sudut super sempit.

Liverpool pantang menyerah, tetapi tembok pertahanan Madrid tak runtuh juga, dan Courtois boleh dibilang memempertontonkan penampilan paling heorik dari seorang kiper di final Liga Champions dalam beberapa tahun ke belakang. Dia kembali melakukan penyelamatan krusial dari usaha Salah, yang berhasil lolos di sisi kanan sebelum melepaskan tembakan ke sudut atas.

Liverpool masih berupaya untuk mencetak gol balasan, tapi pertahanan kokoh dan kecermelangan Thibaut Courtois mampu menetralisir semua upaya The Reds. Hingga peluit dibunyikan, skor tetap 1-0 dan Real Madrid berhasil jadi juara LIga Champions 2021-2022 berkat gol tunggal Vinicius Junior.