Peringati Hari Kemerdekaan Ahok Lakukan Napak Tilas

Peringati Hari Kemerdekaan Ahok Lakukan Napak Tilas

FB_IMG_1439741892784

Prosatu.com – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, melakukan napak tilas untuk memperingati 70 tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ahok napak tilas bersama Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat dan 1.000 peserta dari komunitas pendidikan, yang terdiri dari pimpinan dan pegawai Dinas Pendidikan serta sejumlah guru dari puluhan SMA di Jakarta Pusat. Mereka mengendarai sepeda menelusuri sejumlah tempat bersejarah di Jakarta.

Menurut Ahok, acara itu dilakukan guna mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan nyawa demi meraih kemerdekaan Indonesia.

“Kita mau ingetin anak muda kalau pejuang yang dulu untuk kemerdekaan mereka sampai korbanin nyawa. Biar orang enggak lupa dengan perjuangan kemerdekaan. (Kegiatan) ini enggak sampai berdarah, enggak sampai mati, cuma kepanasan,” katanya saat melepas rombongan di halaman Balai Kota Jakarta pada Minggu, 16 Agustus 2015.

Perjalanan napak tilas dimulai dari Balai Kota kemudian berlanjut menuju Gedung Pancasila, Gedung Juang 45, dan Museum Naskah Proklamasi.

Ahok beserta rombongan juga mendatangi Tempat Pemakaman Umum Karet Bivak untuk berziarah ke makam mantan Ibu Negara Fatmawati. Usai berziarah, rombongan akan mengakhiri perjalanan di Tugu Proklamasi.

Para peserta yang mengikuti napak tilas itu mengenakan busana bertema kemerdekaan layaknya baju yang digunakan para pejuang. Ada juga beberapa peserta yang mengenakan pakaian khas Betawi dengan baju koko dan celana batik. (bp/ps)