Pemudik Arus Balik di Bandara Soekarno-Hatta Meningkat

Pemudik Arus Balik di Bandara Soekarno-Hatta Meningkat

bandara-soetta(2)

Prosatu.com Tangerang – Puncak arus balik Idul Fitri 1436 Hijriyah di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, diperkirakan terjadi pada hari ini, Kamis (23/7/2015). Data yang diperoleh dari PT Angkasa Pura II, Kamis (23/7/2015), menunjukan arus balik tersibuk terjadi pada H+5 dengan total penumpang mencapai 197.701 orang.

Head Of Corporate Secretary and Legal PT Angkasa Pura II Agus Haryadi mengatakan pergerakan penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada H-7 hingga H+7 tahun ini diperkirakan mencapai 2,718 juta orang.

“Jumlah itu meningkat sekitar dua persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu yang hanya 2,663 juta orang,” katanya.

Sebelumnya, arus mudik tersibuk terjadi pada H-2 Lebaran dengan pergerakan penumpang sebanyak 193.754 orang,” katanya. Pantauan dilapangan, pergerakan penumpang terjadi kepadatan pada siang dan sore hari hingga malam hari.

Airport Manager Security Bandara Soekarno – Hatta, Wahyu Prasaja menjelaskan, hari ini memang diperkirakan mulai masuk sebagai puncak arus balik hingga Sabtu (25/7). Dalam memberikan pelayanan kepada penumpang dan keamanan, diterjunkan sejumlah personil lapangan seperti petugas Data Statistik Bandara sebanyak 25 orang, Terminal Operation Services sebanyak 30 orang.

Pramuka Siaga Umum sebanyak 87 orang, Sentra Operasi Terminal sebanyak 22 orang, kemudian petugas informasi sebanyak 63 orang dan dari aviation security atau avsec sebanyak 306 orang. Di samping itu, PT Angkasa Pura II (Persero) juga menempatkan sebanyak 36 orang petugas customer service mobile di setiap terminal guna melayani dan membantu pemudik apabila menemui kesulitan selama di bandara.

“Petugas customer service mobile ini berkeliling di seluruh terminal untuk memberikan bantuan secara cepat atas keluhan, pertanyaan, atau kesulitan yang dialami pemudik selama di bandara,” ujarnya. (ant/ps)