LPS Monas Half Marathon 2023, Robi Syianturi dan Odekta Elvina Naibaho Keluar Sebagai Pemenang

LPS Monas Half Marathon 2023, Robi Syianturi dan Odekta Elvina Naibaho Keluar Sebagai Pemenang

Prosatu.com Jakarta – Harian Kompas bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan event lari LPS Monas Half Marathon 2023. Mengusung tema “Restart for Change”, rangkaian event dilaksanakan pada 1-2 Juli 2023.

Pada hari pertama, Sabtu (1/7/2023) digelar Run The City (Fun Run 5K) di Hutan Kota Plataran, Jakarta, dan pada hari kedua, Minggu (2/7) dilaksanakan LPS Monas Half Marathon. “Restart for Change” menjadi tema yang diangkat dalam LPS Monas Half Marathon 2023 sekaligus menjadi pesan bagi semua pihak untuk bersama-sama mengingat dan menumbuhkan kembali semangat kejayaan yang dulu kental di kota Jakarta ke dalam diri kita masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono sehubungan diselenggarakannya LPS Monas Half Marathon 2023 pada Minggu (2/7/2023). Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, pihaknya sudah sangat antusias dalam persiapan menuju LPS Monas Half Marathon dengan menambahkan program baru untuk para atlet dan non-atlet, yaitu “Break The Limit”.

Dimana, para atlet dan non-atlet akan bersaing untuk memecahkan rekor yang telah ditentukan dan dibuat berdasarkan rekor atlet nasional dalam kategori Half Marathon, yaitu Agus Prayogo dan Triyaningsih.

Dengan adanya program “Break The Limit”, diharapkan dapat terciptanya bibit – bibit atlet baru dalam dunia olahraga lari dan para peserta semakin semangat untuk menunjukan performa terbaik. Hasil lomba kategori overall putri dimenangkan oleh Odekta Elvina Naibaho dengan catatan waktu 1 jam 16 menit dan kategori nasional putra dimenangkan oleh Robi Syianturi dengan catatan waktu 1 jam 6 menit. Selain podium Odekta dan Robi juga memenangkan hadiah tambahan 50 juta rupiah.

Jakarta merupakan pusat urbanisasi, mulai dari pusat pemerintahan hingga teknologi. Meskipun seperti itu, Kota Jakarta tetap bisa menjadi kota yang dinikmati, salah satu caranya adalah dengan kegiatan olahraga, yaitu berlari. Berlari menjadi cara unik untuk menikmati kekayaan dan keragaman Kota Jakarta. Di LPS Monas Half Marathon, para pelari akan menikmati keindahan Kota Jakarta dengan rute lari yang melewati tempat-tempat bersejarah dan menjadi ikon Kota Jakarta.

Bertaraf internasional

Heru Budi Hartono menambahkan, dengan standar rute yang sudah terverifikasi AIMS, LPS Monas Half Marathon akan menjadi ajang kompetisi lari bergengsi yang tentunya menjadi ruang bagi para potensial atlet-atlet baik senior maupun muda untuk berlaga.

“Selain itu dengan hadirnya pelari WNA membuat event ini kompetitif dan menjadi kebanggaan bagi paraatlet maupun running enthusiast yang mampu bersaing,” ujarnya.

Antusiasme pelari dalam menyambut LPS Monas Half Marathon sangat tinggi, mulai dari training yang dilakukan hingga persiapan mental untuk berkompetisi. Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa menyebutkan, hal itu terlihat juga dari jumlah pelari yang telah mendaftarkan diri untuk berlari kategori Half Marathon, yaitu sekitar kurang lebih 5.000 pelari. Untuk berlari fun run sejauh 5K di Run The City, ada sekitar kurang lebih 2000 pelari yang juga ikut menikmati Kota Jakarta dengan berlari.

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas, Budiman Tanuredjo menambahkan, LPS Monas Half Marathon menjadi kesempatan terbaik untuk menikmati Kota Jakarta karena para pelari datang dari berbagai penjuru dan latar belakang.

“Harapannya, event LPS Monas Half Marathon dapat menjadi event yang sustain dan menjadi kegiatan marathon berstandar internasional di Kota Jakarta. Selain itu, diharapkan juga event LPS Monas Half Marathon dapat menjadi ruang berkompetisi dan berkembangnya potensi atlet-atlet nasional ke depannya,” ujar Budiman.

Proses pengecekan rute memang melibatkan representatif AIMS bersama dengan PASI dan organizer. Pihak PASI menyatakan, rute yang digunakan sebagai lintasan lari LPS Monas Half Marathon ini dipastikan presisi. LPS Monas Half Marathon pun kini sudah mengantongi sertifikat

AIMS dan dinyatakan rute yang akan dilalui memiliki standar internasional.Tak heran jika LPS Monas Half Marathon dianggap medium yang tepat bagi para atlet-atlet nasional untuk berkompetisi dan mengembangkan potensinya.

“Karena berdasarkan pengalaman saya, event lari itu adalah ajang kompetisi yang seru karena kita ditantang untuk dapat menciptakan sebuah prestasi baru, yaitu catatan waktu berlari yang semakin baik,” ujar pelari jarak jauh nasional Triyaningsih.

Tak ketinggalan Robby Sianturi mengatakan, LPS Monas Half Marathon dapat menjadi ruang bagi atlet-atlet muda untuk berkompetisi dan mengembangkan potensi di event lari bertaraf internasional di Kota Jakarta, mulai dari rute yang telah tersertifikasi AIMS hingga program-program yang memberikan kesempatan para pelari untuk dapat bersaing di event lari internasional, seperti World Marathon Majors.

“LPS Monas Half Marathon memiliki tantangan tersendiri dengan adanya pelari dari negara asing, rute yang berada di tengah Kota Jakarta, hingga sistem Cut Off Point (COP) dan Cut Off Time (COT) selama 3 jam 30 menit yang menuntut atlet mempersiapkan strategi untuk berlari as best as they can dengan persiapan yang matang. Rute point to point juga menjadi sesuatu yang jarang diselenggarakan di Indonesia,” ujarnya.

Kesiapan penyelenggara

LPS Monas Half Marathon 2023 dimulai tepat pada pukul 05.00 WIB dari titik start di Silang Barat Daya Monas. Menempuh jarak 21,095 kilometer, titik finish berada di Istora Senayan Jakarta. Kesiapan penyelenggaraan LPS Monas Half Marathon tampak dari jumlah manpower yang mendukung acara, mulai dari marshall, crew, dan manpower lainnya yang mencapai 1.050 orang, belum termasuk tim medis. Sementara itu, untuk kenyamanan peserta, terdapat 11 titik medis di sepanjang rute lari, di luar titik start dan finish.

Heru Budi Hartono menyatakan, pihaknya membantu memastikan rute bersama dengan Dishub, Satpol PP dan pihak terkait agar menjadi nyaman untuk para pelari.

Selain menikmati Jakarta sembari berlari, peserta LPS Monas Half Marathon 2023 juga dapat menikmati hiburan mulai dari penampilan musik, games, hingga pembagian doorprize. Peserta juga tak perlu khawatir perutnya keroncongan, karena terdapat yummy & tasty corner yang menyajikan berbagai local food brand yagn memanjakan lidah. Para runners yang ingin merelaksasi diri setelah berlari juga dapat memanfaatkan chillax corner yang disediakan dengan service fisioterapi.