Derbi Menchester, City Permalukan MU 4-1

Derbi Menchester, City Permalukan MU 4-1

Prosatu.com Jakarta – Manchester City berhasil meraih kemenangan telak 4-1 atas Manchester United pada pertandingan lanjutan Liga Inggris 2021-2022 yang bertajuk ‘Derby Manchester’ di Etihad Stadium, Senin (7/3/2022) dini hari WIB.

Empat gol kemenangan Man City kali ini datang lewat aksi Kevin De Bruyne (5′, 28′) dan Riyad Mahrez (68′, 90+3). MU sempat melawan, tapi hanya bisa mencetak satu gol melalui Jadon Sancho (22′).

Kemenangan ini berdampak besar terhadap klasemen sementara Liga Premier Inggris 2021-22. Man City menjauh dari kejaran Liverpool, sedangkan MU kian terancam gagal mengamankan empat besar, karena posisinya dikudeta oleh Arsenal.

City memperoleh 69 poin dari 28 pertandingan, unggul enam poin dari Liverpool di bawahnya yang baru memainkan 27 pertandingan. Sementara itu MU keluar dari empat besar dengan menempati peringkat kelima usai mengoleksi 47 poin dari 28 laga.

Pertandingan ini pun berjalan dengan sangat ketat di menit-menit awal. Upaya dilakukan terlebih dahulu oleh Manchester United. Namun mereka langsung dikagetkan oleh gol cepat Manchester City di menit ke-5.

Dua bek Manchester United tidak mampu menghalau umpan terukur Bernardo Silva dari sisi kiri kotak penalti, yang bergulir tanpa hambatan ke arah De Bruyne sebelum diselesaikan dengan mantap ke gawang David De Gea.

The Red Devils tak butuh waktu terlalu lama untuk menjawab. Pada menit ke-22, skor kembali seimbang berkat serangan balik efektif pasukan Ralf Rangnick.

Paul Pogba mengirimkan umpan manja ke arah Sancho yang berlari di sisi kiri. Winger asal Inggris itu lalu memanfaatkan pergerakan Bruno Fernandes di sisi kirinya untuk menusuk ke arah tengah, sebelum melepaskan tembakan melengkung ke gawang bekas klubnya. Man City 1-1 Man Utd.

Sayangnya, Man City langsung kembali mencuri keunggulan enam menit kemudian, lagi-lagi lewat kaki De Bruyne.

Phil Foden melewati Victor Lindelof dengan sentuhan sempurna, sebelum melepaskan tembakan yang masih bisa diselamatkan De Gea, sementara Harry Maguire memblok sepakan Silva. Sayangnya bola tak berhasil disapu dan De Bruyne menyontek bola liar ke kiri bawah gawang Man United. Man City 2-1 Man Utd.

Skor 2-1 membuat pertandingan berjalan lebih intens. MU mencoba meningkatkan tempo untuk mencetak gol balasan. Meski begitu, tidak ada gol tambahan hingga akhir 45 menit pertama.

Manchester City terus menekan MU di menit-menit awal babak kedua. MU membalas ketika pertandingan berjalan sejam, namun Joao Cancelo mematahkan serangan MU sebelum Elanga melakukan penyelesaian.

Anak asuh Pep Guardiola lalu menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-69, dengan De Bruyne kali ini sebagai pemberi assist buat Mahrez.

Gelandang Belgia itu mengirimkan tendangan penjurunya ke kanan jauh dari sudut kiri, bola disambut Mahrez dengan sepakan satu sentuhan, sedikit mengenai kaki Maguire, dan meluncur masuk. 3-1 buat City.

Wasit menganulir gol tambahan Mahrez di penghujung laga karena winger Aljazair itu sudah berada dalam posisi offside ketika menerima umpan dari Ilkay Gundogan. Namun setelah melalui peninjauan VAR, gol tersebut disahkan, dan Manchester kembali berwarna biru hari ini.

Tidak ada gol tambahan di sisa laga. Wasit meniup peluit panjang di menit ke-90+4. Skor 4-1 untuk kemenangan Man City.