Carlos Sainz Kuasai Latihan Bebas F1 GP Inggris

Carlos Sainz Kuasai Latihan Bebas F1 GP Inggris

Prosatu.com Jakarta – Pembalap Scuderia Ferrari, Carlos Sainz berhasil menguasai latihan bebas kedua (FP2) F1 GP Inggris 2022 dengan meredam Lewis Hamilton di Sirkuit Silverstone, Jumat (1/7/2022) malam WIB.

Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) menunjukkan kelasnya dengan menguasai FP2 putaran ke-10 Kejuaraan Dunia Formula 1 2022 itu dengan waktu lap 1 menit 28,942 detik.

Pembalap asal Spanyol itu mampu mengungguli andalan tuan rumah Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas F1) dengan gap hanya 0,163 detik. McLaren juga menjanjikan di Silverstone setelah Lando Norris masuk di posisi ketiga setelah tertinggal 0,176 detik.

Sementara itu, juara dunia yang juga pemimpin klasemen Max Verstappen (Oracle Red Bull Racing) harus puas di posisi keempat dengan terpaut 0,207 detik dari Sainz. Pembalap Ferrari lainnya Charles Leclerc menggenapi lima besar dengan selisih 0,462 detik.

Berbeda dengan FP1 yang berlangsung dalam kondisi hujan, cuaca cenderung lebih bersahabat di FP2. Hal itu membuat seluruh 20 mobil F1 langsung memasuki Sirkuit Silverstone begitu FP2 dimulai.

Keadaan tersebut membuat sejumlah pembalap langsung mencatatkan waktu terbaiknya. Namun, duo Scuderia Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr yang membuat patokan.

Leclerc melaju lebih dahulu dan mencatatkan waktu 1 menit 30,786 detik. Dia menjadi yang tercepat di awal fase, sementara posisi kedua ditempati oleh Sainz yang tak terpaut jauh.

Duo Ferrari tersebut kemudian terus mempertajam catatn waktunya. Sainz sempat membukukan waktu 1 menit 29,962 detik. Hanya saja, catatannya langsung dikalahkan oleh Leclerc, 1 menit 29,639 detik.

Sementara pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen mengalami kesulitan menyamai kecepatan Ferrari. Sebaliknya, Mercedes-AMG Petronas dan McLaren Racing mampu bersinar.

Bagaimana tidak, pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dapat menduduki posisi kedua. Sementara pembalap McLaren, Lando Norris sanggup membuntuti di posisi ketiga.

Pada akhirnya, Sainz mampu menjadi yang tercepat. Dia mengalahkan para rivalnya, dengan catatan waktu terbaik 1 menit 28,342 detik pada sesi latihan bebas.

Sementara Hamilton memperoleh posisi kedua, dengan waktu 1 menit 29,105 detik. Norris menutup posisi tiga besar setelah membesut mobil McLaren hingga mencatat waktu 1 menit 29,118 detik.