Arus Balik di Pelabuhan Merak Mulai Ramai

Arus Balik di Pelabuhan Merak Mulai Ramai

images(3)

Prosatu.com Merak – Arus balik pejalan kaki dan naik kendaraan yang hendak menuju Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak, Banten, pada H+3 Idul Fitri 1436 Hijriyah ramai dan lancar.

Dari hasil pemantauan, Senin, arus balik di Pelabuhan Merak sejak pagi ramai dan lancar, baik penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan. Saat ini, jumlah arus balik yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, mengalami peningkatan dibandingkan sehari sebelumnya.

Arus balik penumpang pejalan kaki terlihat ramai memadati loket penjualan karcis penyeberangan. Selain itu, juga lima dermaga dipadati kendaraan pribadi untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

“Kemungkinan hari ini akan terjadi peningkatan penumpang arus balik hingga malam nanti,” kata Bagian Humas PT ASDP Merak Mario Sardadi Oetomo.

Menurut dia, meskipun terjadi peningkatan penumpang, tetapi kelancaraan arus balik berjalan lancar dan aman. Mereka petugas pengatur lalu lintas di lima dermaga bekerja keras untuk mengurai kepadatan.

“Kami yakin keramaian penumpang arus balik Lebaran itu berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan kendaraan,” katanya.

Ia memprediksikan jumlah penumpang arus balik pada H+3 itu mencapai 65 ribu dan kendaraan 10.500 unit. Sebab arus balik pada H+2 atau Minggu (19/7) jumlah penumpang mencapai 42.000 dan kendaraan sekitar 8.230 unit. Saat ini, ujar dia, penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung lancar dengan dilayani 27 kapal Ro-Ro,termasuk tiga kapal berkapasitas besar yang bisa menampung ribuan penumpang.

Pengoperasian 27 kapal Ro-Ro itu ditargetkan melakukan perjalanan di atas 90 trip, sehingga bisa mengatasi lonjakan arus balik pada H+3. “Kami belum membutuhkan penambahan armada kapal karena puncaknya arus balik Rabu (22/7),” katanya. (ant/ps)