Agung dan Ical Sepakat Islah

Agung dan Ical Sepakat Islah

_20150528_080408

Prosatu.com Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Golkar versi Munas Bali Idrus Marham mengatakan kedua kubu yang bersengketa kepengurusan partai berlambang pohon beringin itu telah menyepakati untuk melakukan islah yang diprakarsai oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla beberapa waktu lalu.

“Konsep dari Jusuf Kalla (JK) sudah diparaf oleh Aburizal, kemudian dua hari setelah itu diparaf oleh Agung. Sehingga keduanya sudah setuju, tinggal formalitas penandatanganan, yang akan dilakukan pekan ini,” kata Idrus dalam konferensi pers di Kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Jalan Pegangsaan Barat, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Idrus mengatakan penandatanganan perjanjian islah tersebut mengacu pada Undang-Undang Pilkada, Partai Politik, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dan mengacu pada putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) pada 18 Mei lalu, ditambah dengab kesepakatan tim perunding kedua belah pihak yang dilakukan sejak Desember 2014 – Maret 2015 Idrus mengatakan ada sekitar empat rekomendasi yang diusulkan oleh JK yang merupakan mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut. Pertama, yaitu kedua kubu sepakat untuk mengedepankan kepentingan yang lebih besar, sehingga dapat dipastikan Golkar menjadi peserta pilkada.

Kedua, masing-masing kubu sepakat membentuk tim yang akan menangani langkah persiapan pilkada, termasuk melakukan penjaringan calon kepala daerah. Ketiga, tim akan merumuskan kriteria untuk menjadi dasar pasangan calon yang diusung oleh partai.

“Yang keempat, usulan itu adalah bahwa pasangan calon akan mendapat persetujuan DPP Partai Golkar sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Kendati demikian, Ketua DPP Partai Golkar versi Munas Jakarta Leo Nababan, ketika dihubungi melalui pesan singkat, mengaku pihaknya belum menandatangani kesepakatan bersama untuk islah hasil rekomendasi dari JK tersebut.

Menurut Leo jika yang menandatangani kesepakatan islah adalah Ketua Umum Agung Laksono dengan Sekretaris Jenderal Zainuddin Amali, pihaknya akan melaksanakan keempat poin kesepakatan tersebut “Asal kubu ARB sepakat yang tanda tangan adalah Agung Laksono dan Zainuddin Amali sebagai Ketum dan Sekjen Partai Golkar, jagankan minggu depan, besok pun kami siap,” ujar Leo. (ant/ps)