Sehat Dengan Kosumsi Buah dan Sayur

Sehat Dengan Kosumsi Buah dan Sayur

Posted by

Prosatu.com Jakarta – Saat ini, kebiasaan masyarakat Indonesia mengonsumsi buah masih sangat rendah. Padahal, buah merupakan salah satu sumber serat tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk hidup sehat. pentingnya kosumsi sayur dan buah dalam pola kosumsi menngacu pada salah satu faktor resiko perilaku penyebab terjadinya penyakit yang tidak menular.

Hasil riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemkes) yang menyatakan, masyarakat Indonesia usia diatas 10 tahun sebanyak 93,5 persen kurang konsumsi buah dan sayur.

Direktur Gizi Masyarakat Ir Doddy Izwardy MA mengatakan zat makanan yang tidak diproduksi oleh tubuh manusia adalah serat. Untuk itu, asupan serat harus berasal dari luar, di antaranya adalah dengan mengonsumsi buah. Serat dapat mengikat lemak, gula, dan kolesterol yang terkandung pada makanan.

“Dengan asupan buah dan sayur tubuh kita dapat menjaga kadar gula darah sehingga baik untuk pembuluh darah dan dapat menghambat penyerapan lemak, serta tidak terjadi hipokolesterol dan juga baik untuk kesehatan jantung. Serat bahkan dapat bekerja sebagai prebiotik yang baik untuk perkembangan probiotik atau bakteri baik di pencernaan,” ujar Doddy di Hotel JW Marriot Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Asupan Buah dan sayur selain mampu idealkan berat badan juga dan asupan yang berkelanjutan, mikrosistem di pencernaan menjadi seimbang dan terjaga sehingga seluruh bagian dapat berfungsi baik.

Melalu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Keluarga Sehat, Kowani yang merupakan wadah organisasi terbesar di Indonesia mengajak kaum ibu memiliki kesadaran terhadap penyediaan sayur dan buah yang cukup karena bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan Kowani juga mengajak kaum Ibu dan keluaga Indonesia untuk mengubah cara pandang lama dalam mengkosumsi makanan. (hdt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>