Relawan Beri Maklumat Pada Jokowi

Relawan Beri Maklumat Pada Jokowi

_20150516_214647

Prosatu.com Jakarta – Sejumlah komponen pendukung Joko Widodo pada Pilpres lalu yang tergabung dalam Komunitas Juang Relawan Jokowi menyampaikan lima maklumat bagi Presiden dan Wakil Presiden.

Maklumat tersebut diserahkan kepada Presiden saat menghadiri Jambore Komunitas Juang Relawan Jokowi di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur, Sabtu (16/5/2015).

“Kami mengamati dengan penuh antusiasme terhadap seluruh kebijakan yang diambil utamanya dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar dari rakyat, tetapi kami menangkap kesan belum terkonsolidasinya pemerintahan secara efektif dan kecenderungan situasi perekonomian yang belum memenuhi harapan,” demikian salah satu pengantar maklumat yang dirumuskan oleh 15 anggota Komunitas Relawan Jokowi.

Kelima maklumat tersebut masing-masing perlunya konsolidasi politik dan konsolidasi birokrasi sesegera mungkin agar pemerintahan dapat berjalan dengan lebih efektif.

Maklumat yang kedua menyatakan perlunya dilakukan evaluasi terhadap kebijakan-kebijakan yang tidak mendukung implementasi Tri Sakti dan Nawacita yang menjadi mandat bagi pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

Hal ketiga dalam maklumat itu adalah mendesaknya kebutuhan untuk melakukan evaluasi dan penguatan terhadap kabinet agar dapat bekerja secara efektif dan sejalan dengan semangat Tri Sakti dan Nawacita.

“Kami berharap agar evaluasi terhadap kebinet memperhatikan dengan sungguh-sungguh dinamika sosial dan politik yang berkembang saat ini dan kebutuhan untuk melakukan akselerasi terhadap kinerja pemerintahan di masa depan,” tegas mereka.

Maklumat keempat, menyebutkan perlunya dipastikan agar pembangunan ekonomi dan percepatan proyek-proyek infrastruktur dilakukan dalam semangat berdiri di atas kaki sendiri. Dimana modal asing diletakkan sebagai pelengkap terhadap kekuatan modal nasional, bukan sebagai sumber utama.

Dan maklumat yang kelima menyebutkan perlunya sesegera mungkin dilahirkan berbagai kebijakan dan program yang mendorong produktivitas rakyat sebagai peyangga ketahanan ekonomi dan sarana untuk mencapai kesejahteraan rakyat.

“Oleh karena itu distribusi atau pemerataan terhadap sumber dan alat produksi bagi rakyat adalah keharusan yang tidak dapat ditawar. Realisasi tanah untuk rakyat, alat pertanian untuk tani dan alat tangkap untuk nelayan serta modal usaha untuk usaha mikro sudah sangat mendesak agar pembangunan infrastruktur memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi rakyat,” menurut maklumat tersebut. (Ant/ps)