Pindad Excava 50, Varian Mini Ekskavator Terbaru Buatan Pindad

Pindad Excava 50, Varian Mini Ekskavator Terbaru Buatan Pindad

Prosatu.com Tangerang – Pindad memperkenalkan secara resmi Ekskavator varian terbarunya yakni Pindad Excava 50, Mini Excavator kelas 5 ton pada pameran Indobuildtech di ICE BSD, Tangerang, Kamis, 21 Maret 2019. Produk diresmikan secara Iangsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadi Muldjono, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution dan Direktur Bisnis Produk Industrial, Heru Puryanto.

Pindad Excava 50 tergolong Mini Excavator, yaitu jenis alat berat yang fungsinva untuk menyelesaikan beragam pekerjaan ringan seperti pemindahan saluran pembuangan air, membuang material sisa, mengurug tanah, dan pekerjaan ringan Iainnya yang berkaitan dengan konstruksi. Selain itu, Excava ini juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan perkebunan dan kehutanan.

Dengan ukuran yang Iebih kecil dibandingkan Ekskavator 20 ton, Pindad Excava 50 memiliki keunggulan kemudahan mobilisasi, ringan dan mudah dioperasikan. Excava ini memiliki bobot 5 Ton, power 35 kW/2.300 rpm, max. torque 165 Nm/1.650 rpm, traveling speed 3,5 km/h, swing speed 11 rpm dan kapasitas bahan bakar sebanyak 75 liter.

Kapasitas produksi Excava 50 yakni 1 unit/hari. Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40% saat memasuki tahap produksi massal. Excava ini mempunvai basic desain yang serupa dengan Excava 200 kelas 20 ton, tetapi dengan dimensi yang disesuaikan dengan kapasitas yang Iebih kecil. Komponen diproduksi didalam negeri sama dengan Excava 200 yang telah beroperasi di berbagai daerah di Indonesia.

Kehadiran Mini Excavator ini melengkapi Varian Iainnya yang sudah dihasi|kan oleh Pindad yakni Excava 200, Excava Breaker dan Excava Amphibious. Harga jual Pindad Excava 50 sangat kompetitif dibandingkan dengan produk lain. Ke depan, kebutuhan Mini Excavator semakin meningkat untuk memenuhi permintaan berbagai industry, kebutuhan pembangunan infrastruktur yang saat ini gencar dilakukan, perkebunan serta kehutanan.