Peran Orang Tua Mengawasi Anak Bermain Gadget

Peran Orang Tua Mengawasi Anak Bermain Gadget

images

Prosatu.com Jakarta- Kebebasan anak dalam bermain “gadget” seperti ponsel pintar di era teknologi saat ini diharuskan ada aturan main untuk membatasi penggunaannya, kata psikolog Elizabeth Santoso. “Harus ada aturan main agar tidak kebablasan,” kata Elizabeth saat dihubungi di Jakarta, Kamis. Menurut dia, orang tua harus menjadi benteng utama dalam mengawasi anak bermain “gadget”.

Ia menilai sebagian orang tua malah cenderung bertolak belakang dari yang seharusnya dilakukan dengan memberikan anak akses bermain “gadget”. “Awalnya ingin menyenangkan anak mendidik anak agar ‘high-tech’ dan lebih kognitif. Tapi secara nggak sadar, karena tidak ada aturan main jadi bablas dan kecanduan, pagi, siang, sore, malam main ‘gadget’,” kata wanita yang akrab disapa Lizi.

Ia mencontohkan aturan main yang harus diterapkan misalnya bertanggung jawab terhadap diri si anak lebih dulu sebelum bermain ponsel pintar. “Contoh aturan main, sebelum main ‘gadget’ tanggung jawab terhadap dirinya. Ada waktu untuk berkegiatan, bangun tidur ngerjain PR, baru main gadget. Intinya manajemen diri,” jelas Elizabeth. Selain itu orang tua juga harus menerapkan peraturan seperti kapan waktu dan lamanya penggunaan “gadget”. Elizabeth mengatakan penggunaan “gadget” yang melewati batas pada anak sering ditemui penggunaan akses pornografi dan konten kekerasan yang dapat berpengaruh pada sikap anak dalam masa pertumbuhannya. (ant/ps)