Manfaat dan Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan

IMG_20150301_090007

Prosatu.com – Biasanya daun salam digunakan sebagai penyedap masakan karena memiliki aroma yang khas. Tapi dibalik aromanya yang khas ternyata daun salam memiliki khasiat bagi kesehatan. Daun dan buah salam memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut.

Tanaman ini memiliki kandungan kimia berupa minyak atsiri, tannin,dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah. Dengan buahnya yang berbentuk bulat kecil berwarna merah bisa digunakan untuk mengobati mabuk akibat alkohol.

Berikut beberapa manfaat dan pengobatan daun salam untuk kesehatan yaitu:

Diare : Cara penggunaannya dengan menyiapkan 15 lembar daun salam segar , kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih selama 5-10 menit. Setelah dingin tambahkan sedikit garam dan diminum.

Radang Lambung : Cara penggunaannya dengan menyiapkan 30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum 2 kali sehari secara teratur.

Mengatasi Asam Urat Tinggi : Cara penggunaannya dengan menyiapkan 9 lembar daun salam, kemudian direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 600 cc, dan airnya diminum selagi hangat. Sedangkan untuk mengatasi stroke, cara penggunaannya dengan meyiapkan 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.

Menurunkan Kolesterol Tinggi : Cara penggunaannya dengan menyiapkan 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai, kemudian direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc dan airnya diminum secara teratur. Sedangkan untuk melancarkan peredaran darah dengan menyiapkan 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar, kemudian direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc, saring dan diminum 2 kali sehari.

Mengobati Diabetes : Cara penggunaannya dengan menyiapkan 10 lembar daun salam segar , kemudian direbus dengan kurang lebih 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas, lalu dinginkan, saring dan minum selagi hangat.

Membantu Kesehatan Pencernaan : Daun salam dapat menyeimbangkan produksi asam lambung yang berlebihan yang sering menjadi alasan utama dari maag. Cara penggunaannya sama dengan pengobatan asam urat dan diabetes, hanya daun salam agak sedikit lebih banyak. Bila untuk asam urat dan diabetes membutuhkan sekitar sepuluh lembar, maka untuk kesehatan pencernaan anda membutuhkan sekitar 15 sampai 20 lembar.

Mengobati Sakit Maag : Cara penggunaannya dengan menyiapkan 15 – 20 lembar daun salam, cuci hingga bersih, dan rebus daun dengan 1/2 liter air, dan tunggu sampai 15 menit mendidih. Kemudian tambahkan gula dan enau secukupnya ketika mendidih, dinginkan , dan minum air hasil rebusan setiap hari hingga maag sembuh.

Kesehatan Rambut : Cara penggunaannya dengan mencampurkan daun salam koja dengan minyak rambut dan rebus selama beberapa menit, kemudian gunakan sebagai hair tonic pada rambut setiap hari.

Melangsingkan Tubuh : Cara penggunaannya dengan mengunyah beberapa lembar daun salam koja setiap, tambahkan juga daun salam koja pada menu diet untuk membantu mengurangi berat badan.

Menjaga Kesehatan Mata : Daun salam koja juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata. Dapat dikonsumsi secara mentah atau dengan memasukannya kemasakan kari. (BJ)