Komisi Yudisial Periksa Berkas Tiga Hakim Agung

Komisi Yudisial Periksa Berkas Tiga Hakim Agung

Posted by

Prosatu.com Tangerang – Kuasa Hukum PT Libros Derap Abadi, Muhammad Sholihin kembali mendatangi Komisi Yudisial (KY) guna melengkapi berkas pengaduan sebelumnya pada 24 Juli lalu.

Pengaduan ini terkait dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim (KEPPH) karena tiga hakim agung yang memutus cepat permohonan kasasi No. 3373 K/PDT/2017 tanggal 22 Desember 2017.

Tiga hakim agung yang dimaksud Sultoni Mohdally, Sudrajad Dimyati, dan Panji Widagdo sebagai majelis perkara perdata sengketa lahan di Tanggerang. Laporan dugaan pelanggaran KEPPH ini didasari karena permohonan kasasinya ditolak dan diputus cepat hanya berselang dua hari sejak berkas/dokumen perkara diterima Majelis Kasasi pada 20 Desember 2017.

Muhammad Sholihin, Pelapor yang juga sekaligus kuasa hukum permohonan kasasi PT Libros Derap Abadi, menduga ada dugaan suap dalam penanganan kasus ini.

“Kami sangat terkejut dengan putusan kasasi yang diputus ketiga hakim itu. Hanya selang dua hari diputus permohonan kami sejak melengkapi dokumen kasasi. Sangat aneh dan di luar logika karena diputuskan sangat kilat. Ya, saya merasa ada dugaan suap dalam permohonan kasasi ini,” kata Solihin Rabu (8/8/2018).

Sementara itu Kepala Biro Hukum dan Humas MA Abdullah menganggap tidak ada larangan apabila majelis MA memutus perkara hanya dalam waktu dua hari.

“Ya itu tidak masalah. Bisa saja Majelis menganggap permohonan kasasi itu mudah diputuskan, sehingga Majelis memutus dengan sangat cepat,” kata Abdullah

Abdullah menambahkan MA sudah menerapkan Peraturan MA No. 9 Tahun 2017 tentang Format (Template) dan Pedoman Penulisan Putusan atau Penetapan pada MA, sehingga setiap perkara dapat lebih cepat diputuskan karena format putusan lebih sederhana.

“Makanya, terkait laporan dugaan pelanggaran KEPPH tiga hakim agung itu, dicari dulu bukti-bukti pelanggarannya,” jelas Abdullah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>