KOLINLAMIL Tuan Rumah Peringatan Hari Aids Sedunia 2016

Posted by

Prosatu.com Jakarta – Komando Lintas Laut Militer menjadi tuan rumah peringatan Hari Aids Sedunia yang diperingati setiap 1 Desember. Kali ini Kolinlamil memfasilitasi peringatan tersebut di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (1/12).

Acara yang dimulai dengan apel gabungan dari peserta yang berasal dari instansi yang memiliki kedinasan atau bidang kesehatan dengan dipimpin Panglima Kolinlamil Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, S.H. Instansi yang terlibat diantaranya, Kesehatan Pelabuhan Pelindo II, Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Pemda Jakarta Utara, Dinas Kesehatan TNI AD dan lainnya.

Peringatan Hari AIDS Sedunia tahun ini bertemakan “Mari Berubah Menuju Masa Depan Gemilang Tanpa Penularan HIV”.

Dalam sambutannya, Panglima Kolinlamil mengatakan bahwa peringatan hari Aids Sedunia yang jatuh pada setiap 1 Desember bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap wabah dan bahaya Aids diseluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

Selain itu tujuan peringatan ini sendiri dimulai untuk menyadarkan publik terkait adanya wabah penyakit HIV. Virus yang satu ini dapat mengakibatkan Aids dan bisa saja menjangkit setiap orang yang terkena wabah tersebut.

Usai menyampaikan sambutannya, Panglima Kolinlamil menandatangani nota kesepakatan penanggulangan HIV/Aids dikawasan Pelabuhan dengan instansi-kesehatan Pelabuhan dan secara simbolis sebagai tanda kesepakatan dengan pelepasan burung dara.

Usai penandatanganan dilanjutkan dengan senam gemmu famire bersama sama. Setelah itu, para peserta diajak untuk naik ke Gedung Natuna 2 untuk mengikuti acara talkshow-testimoni ODHA yang menghadirkan seorang Ibu Rumahtangga dari Cilincing yang memberikan pengalamannya sebagai orang yang tertular virus HIV namun berkat kedisiplinanya ia dapat terus bertahan hidup dengan Suami dan 3 anak yang bersih dari virus mematikan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan Pemeriksaan HIV/AIDS dan VCT dari gabungan Dinas Kesehatan se Jakarta Utara.

Sebelum diperingati setiap tahunnya Hari Aids ini diinisiasi saat Petemuan Menteri Kesehatan Sedunia. Dalam pertemuan tersebut juga dibahas tentang adanya program-program untuk pencegahan penyakit Aids.

Program pencegahan ini mulai muncul sejak tahun 1988 dan sejak saat itu setiap tanggal 1 Desember diperingati oleh pemerintah. Bukan hanya organisasi internasional akan tetapi juga yayasan amal diseluruh dunia.

Peringatan Hari Aids sendiri dilakukan oleh setiap orang diseluruh dunia sehingga dapat dicetuskan berbagai ide lainnya. Gerakan untuk melakukan peringatan ini juga dilakukan untuk mengingatkan publik.

Paslanya bahaya dari virus HIV sendiri memang cukup mematikan jika tak segera mendapatkan penanganan dari tim kesehatan. Virus sendiri menyerang kekebalan tubuh seorang manusia dan juga keseluruhan tubuh.

Karena hal tersebut virus ini dikenal sebagai Human Immunodefiency Virus yang dapat menginfensi setiap manusia. Aids sendiri sebenarnya Acuired immune Deficiensy Syndrome jika telah menjangkiti tubuh seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>