Inginkan Ekonomi Laju, Jokowi Resmikan Tol Pasuruan-Probolinggo

Inginkan Ekonomi Laju, Jokowi Resmikan Tol Pasuruan-Probolinggo

Prosatu.com – Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 31,3 kilometer di Jawa Timur pada hari ini, Rabu (10/4/2019).

Jalan tol Pasuruan-Probolinggi yang biasa disingkat Paspro ini terdiri dari tiga seksi, yaitu Seksi I Grati Pasuruan-Tongas, Seksi II Tongas-Probolinggo Barat, dan Seksi III Probolinggo Barat-Probolinggo Timur

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan jalur Merak sampai Banyuwangi kini telah tersambung dengan jalan tol yang diharapkan bisa meningkatkan mobilitas orang atau barang.

“Kalau kita lihat dari Jakarta, Cawang sampai Probolinggo sudah tembus 840 km. Kalau dimulai dari ujung barat Pulau Jawa di Merak ke Probolinggo itu tembusnya 962 kilometer. Kalau dulu ada Anyer-Panarukan yang dikerjakan oleh Daendles sekarang ada Merak-Banyuwangi yang dikerjakan Menteri PU,” kata Presiden seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Dalam peresmian tersebut, Kepala Negara didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Putra.

Jokowi berharap jalan tol dengan nilai investasi mencapai Rp4,6 triliun tersebut dapat memberikan dampak langsung bagi masyarakat sekitar. Khususnya, mempercepat dan mempermudah akses mobilitas masyarakat dan barang.

Lebih lanjut, ia meyakini akses mobilitas itu akan memberi nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi. “Kami harapkan kawasan industri kecil dan mikro di daerah akan cepat berkembang karena akses logistik dan barang itu lebih murah, cepat, efisien. Begitu juga dengan akses pariwisata,” katanya.

Sementara itu Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan Pengoperasian jalan tol Pasuruan-Probolinggo diharapkan juga akan turut mendorong roda perekonomian daerah dan nasional. Dengan pengoperasian tol ini akan mempercepat waktu tempuh dari Pasuruan ke Probolinggo, dari semula 2,5 jam menjadi 30 menit.

“Ini merupakan suatu proyek strategis nasional yang Alhamdulillah bisa selesai tepat waktu dan saat ini sudah diresmikan Bapak Presiden. Saya kira dengan adanya jalan tol ini masyarakat akan punya waktu singkat dari Pasuruan ke Probolinggo cuma 30 menit dari 2,5 jam,” kata Rini.

Sebagai informasi, proyek jalan tol Pasuruan – Probolinggo diperoleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada tahun 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp2,9 triliun. Jalan tol Pasuruan – Probolinggo memiliki 3 Gerbang Tol (GT) yakni, GT Tongas, GT Probolinggo Barat dan GT Probolinggo Timur.

Sebelumnya jalan tol Paspro ini telah dibuka secara fungsional saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2019. Pengerjaan proyek jalan tol ini dimulai Mei 2016 dan selesai pada bulan Desember 2018.