Eksistensi Mandiri Jakarta Marathon 2017 Jadi Ajang Lomba Marathon Dunia

Eksistensi Mandiri Jakarta Marathon 2017 Jadi Ajang Lomba Marathon Dunia

Posted by

Prosatu.com Jakarta – Lomba lari terbesar di Indonesia, Mandiri Jakarta Marathon (MJM) 2017 kembali akan digelar pada hari Minggu, 29 Oktober 2017 oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama promotor lnspiro. Sebanyak 16.000 pelari telah terdaftar sebagai peserta, bahkan lebih dari 1.585 adalah pelari asing yang datang dari 50 negara. Ajang lomba dengan total hadiah Rp 774 juta ini sangat berpotensi mendongkrak kunjungan wisatawan dan menjadi penggerak ekonomi sekaligus melejitkan pamor Jakarta sebagai destinasi ”sport tourism” kelasdunia, sebagaimana kota Boston, Paris, Berlin atau Tokyo.

Keberpihakan dan keseriusan pemerintah Indonesia membenahi sektor pariwisata sebagai prioritas sekaligus sebagai core economy bangsa mulai berbuah hasil. Tahun ini daya saing pariwisata sudah meroket naik ke posisi 30 di dunia dan promosi Wonderful Indonesia terus digencarkan. Capaian tersebut sepatutnya diapresiasi dan pada gilirannya mengundang konsekuensi agar semua pihak dapat terus bekerja dengan sistem. menyeluruh dan konsisten. Prinsip tersebut sejalan dengan filosofi marathon yakni kecepatan, napas panjang, kerja sama tim dan persiapan. Dukungan nyata pemerintah terhadap penyelenggaraan MJM, semangat kolaborasi dan sinergi diantara pemangku kebijakan, political will dan profesiona|itas adalah keniscayaan guna mewujudkan cita-cita bersama Jakarta menuju kota Marathon kelas dunia.

Memasuki penyelenggaraan tahun ke-5, beberapa hal baru diperkenalkan dan inovasi olahraga marathon terus dilakukan. Penyempurnaan dan pembenahan infrastruktur guna menempatkan Jakarta di jajaran kota marathon kelas dunia terus dilakukan, antara lain program live streaming full marathon 42,195 km, penyediaan fasilitas Mandiri Jakarta Marathon virtual run dan peluncuran theme song Mandiri Jakarta Marathon.

Tayangan live streaming dimaksudkan agar masyarakat pencinta olah raga marathon dapat mengikuti dan menikmati sensasi serunya kegiatan MJM 2017 secara real time dan ditayangkan ke seluruh pelosok nusantara bahkan dunia. Terobosan yang pertama kali dilakukan di Indonesia ini menggandeng kerjasama dengan MNC Sport dan XL axiata. Live Streaming Mandiri Jakarta Marathon 2017 dapat disaksikan di MNC Sports Channel 102 lndovision dan MNC Play, juga di youtube channel myXL dan twitter @myxl.

Melalui Virtual Run, bagi para pecinta marathon yang tidak dapat hadir di MJM 2017 dapat juga berlomba di wilayah daerah masing-masing dan mendapatkan amenitis yang berlaku dengan menggunakan teknologi Virtual Run Mobile Apps.

Sedangkan untuk peluncuran theme song MJM berjudul “Kuberlari”, penyelenggara menggandeng Albert Juwono (Djoo), seorang komposerjingle iklan dan produser musik ternama yang berkolaborasi dengan penyanyi Alina. Single Kuberlari diciptakan sebagai wujud kecintaan pada olah raga. Terutama dari pengaruh positif yang bisa didapatkan dalam menghadapi tekanan kehidupan modern saat ini. Melalui lagu ini diharapkan dapat menginspirasi / menyemangati masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dan tertarik untuk rutin berolahraga. Baik Djoo maupun Alina, keduanya hobi olah raga dan juga aktif di komunitas lari.

Masih mengambil lokasi start dan finish di Monas, Mandiri Jakarta Marathon 2017 akan melombakan 5 (Iima) nomor lari, yaitu;

-Marathon dengan jarak tempuh 42,195 KM,fIag offstart pada pkl. 05:00 WIB
-Half Marathon dengan jarak tempuh 21 KM,fIag off start pada pkl. 05:10 WIB
-10K dengan jarak tempuh 10 KM,fIag offstart pada pkl. 05:25 WIB
-5K dengan jarak tempuh 5 KM,fIag offstart pada pkl. 05:40 WIB
Maratoonz (Children’s Sprint), flag off start pada pkL 08:00 WIB.

Rute Mandiri Jakarta Marathon tahun ini sama dengan tahun sebelumnya. Menonjolkan keindahan landmark-landmark ikonik kota Jakarta seperti Kawasan Kota Tua, Fatahillah Square, Gereja Katedral, Masjid lstiqlal, Monas, dan Bundaran Hotel Indonesia. Rute Iomba yang akan dilewati oleh para peserta Mandiri Jakarta Marathon 2017 pun telah melalui proses kalibrasi dan telah memperoleh sertifikat dari Association of International Marathon and Distance Races (AIMS) dan International Association of Athletics Federations (IAAF) dengan nilai grade A dan tingkat eIevasi rute 0 m/km.

Tahun ini, Mandiri Jakarta Marathon akan mengusung tema ”Never Give Up”. Sapta Nirwandar, selaku Chairman Jakarta Marathon berharap, melalui tema tersebut Mandiri Jakarta Marathon 2017 dapat semakin menyulut semangat para runners Indonesia dan dunia untuk berlomba dengan semangat pantang menyerah. Walaupun jalanan kota Jakarta sedang dalam untuk berlomba dengan semangat pantang menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>