Cegah Penyakit Katastropik Dengan Germas

Posted by

Prosatu.com Jakarta – Kowani dan Kemenkes pada diskusi kali ini mengajak semua masyarakat dan awak media massa untuk bersama-sama mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Keluarga Sehat. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah melakukan cek kesehatan secara rutin.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), Dr Lily S Sulistyowati, MM mengemukakan bahwa dalam beberapa tahun belakangan ini telah terjadi perubahan pola penyakit di Indonesia, antara lain dengan meningkatnya tren penyakit katastropik di setiap tahunnya.

“Penyakit katastropik merupakan penyakit berbiaya tinggi dan secara komplikasi dapat membahayakan jiwa penderitanya, antara lain penyakit ginjal, penyakit jantung, penyakit syaraf, kanker, diabetes mellitus, dan haemofilia,” ujar Dr Lily di JW Marriot Jakarta, Jum’at (7/10/16).

Lily menambahkan Kematian akibat penyakit tidak menular semakin meningkat tren ini berlanjut seiring dengan perubahan perilaku hidup atau pola makan dengan gizi tidak seimbang, merokok dan kurang aktivitas fisik.

Di tempat yang sama Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Giwo Rubianto Wiyogo menyampaikan, masyarakat Indonesia hampir kurang aktifitas fisik dan kita harus kampanyekan kepada masyarakat luas agar terus melakukan aktifitas fisik dan selalu menjaga kesehatan.

“Sayamenghimbau kaum ibu dan keluarga Indonesia pada umumnya memiliki kesadaran untuk berperilaku hidup sehat dengan menjalankan tiga hal yang sederhana yakni, aktifitas fisik setiap hari, konsumsi buah dan sayur serta cek kesehatan secara berkala,” ujar Giwo

Kowani mengajak ibu dan keluarga untuk melakukan pencegahan secara dini terhadap penyakit tidak menular jarena dari tangan seorang ibu nantinya dapat menciptakan generasi yang sehat dan kuat. (hdt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>