BPKJ Ajak Masyarakat Senam Jantung Sehat

BPKJ Ajak Masyarakat Senam Jantung Sehat

Posted by

Prosatu.com Jakarta – Hari ini Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, membuka acara “GEBYAR KLUB JANTUNG SEHAT DKI JAKARTA 2018” yang diselenggarakan oleh Badan Pelaksana Klub Jantung (BPKJ) Provinsi DKI Jakarta bertempat di lapangan Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Bambang mengatakan, gebyar klub Jantung sehat DKI Jakarta ini tergabung dari lima wilayah dengan jumlah 5.000 peserta, dari 283 Klub Jantung Sehat (KJS) aktif yang ada di seluruh Provinsi DKl Jakarta dan kurang lebih 300 orang pelatih KJS. Dengan kegiatan ini mencakup Senam Jantung Sehat (SJS), tes darah, lomba SJS, Demo Lompat Tali Jantung Sehat (LTJS), Pemeriksaan kesehatan gratis, Bazaar, dan hiburan.

“Harapan saya masyarakat di Sabtu-Minggu mengajak keluarga untuk berolahraga rutin, apalagi penyakit jantung kan yang dapat mematikan pertama, dan ternyata olahraga jantung sehat badan menjadi ringan. Saya harap acara ini bisa menjadi agenda rutin,” ujar Bambang di Kantor Walikota Jakarta Timur, Minggu (29/4).

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Jantung Sehat Indonesia, Syahlina Zuhal mengungkapkan, olahraga SJS ini untuk terhindar dari penyakit jantung.

“Jadi senam jantung sehat dilaunching untuk menjadi kegiatan rutin, apalagi kita hadirkan dokter-dokter penyakit jantung agar dapat dideteksi. Sebelumnya juga dilakukan pengukuran denyut nadi,” tutur Syahlina.

Sarasehan dalam penyelenggaraan Gebyar ini merupakan acara baru yang belum pernah dilakukan pada acara Gebyar sebelumnya.

Selain itu juga ada pemberian penghargaan kepada BPKJ Kota yang telah berhasil meresmikan lebih dari 3 klub jantung sehat baru dalam tahun 2017 yang lalu.

Kegiatan GEBYAR KJS DKI 2018 yang merupakan ajang silaturahmi tahunan dan pembinaan bagi anggota KJS di DKI Jakarta ini, mengambil tema : ”Anggota Klub Jantung Sehat sebagai Pelopor Pola Hidup Sehat masyarakat DKI Jakarta”.

“Tema ini diambil karena selama ini kami telah berhasil membentuk 283 KJS yang aktif di DKI Jakarta dengan anggota k.l. 13.000 orang. Kami selalu berusaha untuk meningkatkan jumlah KJS, profesionalisme para pengurus dan pelatih dalam mengelola KJS, sehingga tujuan utama kami bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi DKl Jakarta untuk menjadikan warga DKI Jakarta berpola hidup sehat agar terhindar dari penyakltjantung dan pembuluh darah akan tercapai,” tutur Somantri, Ketua Badan Pelaksana Klub Jantung Provinsi DKI Jakarta.

Sebagaimana diketahui penyakit jantung dan pembuluh darah sudah menjadl penyebab utama kematian di dunia dan juga di Indonesia. Akhir-akhir ini makin banyak orang-orang muda yang masih potensial menderita penyakit jantung, karena pola hidup yang salah yaitu makanan dengan gizi yang tidak seimbang, merokok, stress, kurang istirahat, tldak memeriksakan kesehatan secara rutin dan kurang bergerak (berolah raga).

Oleh sebab itulah KJS selalu menganjurkan masyarakat agar melaksanakan ”Panca Usaha
Jantung Sehat” Yayasan Jantung Indonesia dengan akronim SEHAT yaitu,

1. Seimbangkan gizi
2. Enyahkan rokok
3. Hadapi dan kelola stress
4. Awasi tekanan darah
5. Teratur berolah raga

“Banyak perusahaan di DKI Jakarta yang mendukung usaha kami sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) mereka dan ikut berpartisipasi dalam acara ini, untuk
itu kami mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi,” kata Somantri menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>