5 Manfaat Kosumsi Buah Naga Merah

5 Manfaat Kosumsi Buah Naga Merah

Prosatu.com Jakarta – Buah naga yang tumbuh di daerah kering bukan hanya enak dimakan. Buah yang kulitnya bersisik dengan warna merah muda ini ternyata digolongkan sebagai superfood. Buah ini diyakini memiliki banyak sekali manfaat, di antaranya antioksidan, antikanker, serta antikolesterol jahat.

Di balik sensasi rasanya yang manis, buah naga ternyata memiliki sejumlah manfaat. Berikut beberapa manfaat superfood ini bagi kesehatan tubuh seperti dilansir Medical Daily.

1. Anti-penuaan

Kandungan antioksidan dalam buah naga mampu menjaga kekencangan kulit dan melawan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Selain itu, buah yang tergolong buah-buahan tropis ini memiliki kandungan vitamin C yang kaya.

Praktisi gizi sekaligus pendiri Meehan Formulations, Kevin Meehan, mengatakan, salah satu kunci penting yang dibutuhkan sel-sel tubuh adalah fosfor dan phospolipid. Kedua zat ini dapat mencegah penuaan dini.

2. Mencegah kanker

Selain vitamin C, buah naga juga mengandung karoten yang mampu mengurangi pertumbuhan jumlah tumor di tubuh. Tak hanya itu, kandungan likopen terutama dalam buah naga yang berwarna merah diketahui menurunkan risiko kanker prostat. Hal ini seperti disebutkan sebuah studi dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention pada 2011 lalu. Studi itu memperlihatkan, asupan likopen kurang dari 2,4 mikrogram per hari bisa meningkatkan risiko kanker prostat.

Sementara asupan yang lebih tinggi baik dari buah-buahan, sayuran dan makanan yang kaya akan likopen ditambah aktivitas fisik secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker. Bukan hanya buah, kulit buah naga ternyata kaya akan polifenol yang bisa melindungi tubuh dari berbagai bentuk kanker.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Buah naga dapat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah studi dalam jurnal Pharmacognosy Research pada 2010, menemukan, konsumsi buah naga bisa menurunkan risiko berkembangnya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Selain itu, buah eksotik ini juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam buah naga dapat melancarkan sistem pencernaan. Di samping itu, konsumsi buah tropis ini juga dapat membantu mengurangi konstipasi. “Mereka yang mengalami konstipasi (susah buang air besar atau sembelit) bisa mengambil manfaat jika mengonsumsi buah ini dalam menu diet mereka,” kata Meehan.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jumlah vitamin C yang tinggi dalam buah naga mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh, juga membantu menstimulasi antioksidan. Kandungan vitamin C, mineral, fitoalbumin juga mampu melawan radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin B1, B2, B3, kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin dan serat juga berkontribusi meningkatkan fungsi sistem daya tahan tubuh.